BPS: Pariwisata Hanya Sumbang 4 Persen Untuk Ekonomi Nasional

0
757
Sosialisasi dan workshop wartawan
Sosialisasi dan workshop wartawan

 

NTTTERKINI.COM, Kupang – Penyajian data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan geliat perekonomian yang di picu dari sektor pariwisata secara nasional hanya mampu menyumbang sebesar 4 persen.

“Sektor pariwisata  masih tergolong baru sebagai salah satu pemicu perekonomian, hanya sebesar 4 persen, sehingga BPS sangat konsen bagaimana menyajikan data pariwisata yang berkualitas guna memajukan ekonomi dari sektor pariwisata secara nasional,” kata Kepala BPS Nusa Tenggara Timur (NTT), Darwis Sitorus saat membuka kegiatan sosialisasi dan workshop wartawan, Kamis, 5 Desember 2019.

Berdasarkan data statistik nasional tahun 2013, menunjukkan, share sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia hanya sebesar 4 persen dan  pariwisata menjadi penghasil devisa Indonesia keempat setelah minyak bumi dan gas, minyak kelapa sawit dan batubara.

Kepala Seksi Diseminasi  dan Layanan Statistik, Indra Souri mengatakan demikian pula dengan struktur ekonomi di NTT yang  masih didominasi oleh sektor pertanian, perdagangan dan pemerintahan dengan karakteristik hidup masyarakat agraris, sehingga ketika di hitung jumlah orang yang berkecimpung di sektor pariwisata tergolong minim. (Lid)

Komentar ANDA?