Home / Hukrim / Bupati Alor Dilaporkan ke KASN 

Bupati Alor Dilaporkan ke KASN 

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Laporan ke KASN oleh ASN Alor

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Amon Djobo dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) oleh sejumlah ASN Kabupaten Alor terkait mutasi, nonjob serta pemecatan ASN di daerah itu.

“Kami telah melaporkan secara resmi aduanke KASN, dan pihak KASN berjanji secepatnya menurunkan tim ke Alor dan memanggil tim Baperjakat ke KASN untuk dimintai klarifikasi,” kata Alimudin Sengaji, perwakilan ASN Kabupaten Alor melalui siaran pers yang diterim media ini, Minggu, 20 Januari 2019.

Bupati Alor, Amon Djobo pada 2017-2018 melakukan mutasi terhadap 827 ASN. Mutasi itu diduga merupakan aksi balas dendam terkait Pilkada 2018.

Baca Juga :  Dugaan KKN Dana Media, Empat Pemred Akan Diperiksa

Alimudin menilai mutasi yang dilakukan Bupati Alor, Amon Djobo terindikasi mengandung unsur perbuatan melawan hukum, dan atau adanya upaya perbuatan melampaui kewenangan dalam hal pemberian sanksi “Pemecatan dan Non Job” terhadap sejumlah ASN, karena tidak didasarkan pada ketetapan UU Nomor 5 Tahun 2014.

“Karena Itu, pada 16 Januari 2019 lalu, kami telah melaporkan Bupati Alor dan tim Baperjakat ke KASN, khususnya bidang pengaduan,” katanya.

Puluhan pejabat eselon 3 dan eselon 4 Kabupaten Alor yang dinonjobkan, ada juga yabg diturunkan jabatannya tanpa melakukan pelanggaran. Selain itu, beberapa ASN yang dipindahkan tanpa alasan untuk memisahkan antara suami dengan istri dengan tempat tugas yang berjauhan.

Alimuddin  menambahkan KASN sangat prihatin dengan kondisi mutasi dan demosi yang terjadi di Kabupaten Alor, sehingga pihaknya akan mempelajari laporan yang disampaikan dan secepatnya menindaklanjuti.

Baca Juga :  Miliki Uang Palsu, Ibu Lima Anak Menangis Dituntut 9 Bulan

Pihak ASN yang menjadi korban mutasi dan demosi ini, berjanji akan terus melakukan perlawanan hingga hak-hak ASN dikembalikan.

Sampai berita ini diturunkan Bupati Alor, Amon Djobo belum berhasil dikonfirmasi. (*/Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]