Home / Polkam / Bupati Flotim Perintahkan Uang Pungli Dibawa ke Jakarta

Bupati Flotim Perintahkan Uang Pungli Dibawa ke Jakarta

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Yoseph Lagadoni Herin

Yoseph Lagadoni Herin

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin memerintahkan agar uang pungutan dari setiap desa sebesar Rp 1 juta dibawa di ke Jakarta. Dana itu digunakan untuk kepentingan pembuatan proposal dan urusan loby di Jakarta.

“Informasi tambahan yang kami temukan, yakni dana itu diperintahkan Bupati untuk dibawa ke Jakarta,” kata Koordinator Gerakan Rakyat Anti Korupsi (GERTAK) Flores Timur, Yohanes Kanisius Ratu Soge, Senin, 28 Oktober 2013.

Temuan ini, menurut dia, telah dilaporkan juga ke Kejaksaan Negeri Larantuka untuk ditindaklanjuti. Informasi ini didapatkan Gertak dari Ajis Begu Tokan, warga Flores Timur yang berdomisili di Jakarta.

Ajis Begu menerangkan kepada Gertak bahwa berdasarkan pengakuan Simon Soge Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan pada BPMPD Kabupaten Flotim bahwa Bupati Flores Timur yang memerintahkan Simon Soge untuk membawa uang yang dipungut dari desa-desa ke Jakarta. “Uang tersebut telah diserahkan Simon Soge kepada seseorang yang tidak dikenal untuk kepentingan biaya pembuatan proposal dan upaya loby,” katanya.

Baca Juga :  Mendagri: Antisipasi Terorisme, Pendatang Baru Wajib Lapor

Temuan ini, menurut dia, bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk menelusuri keterlibatan Bupati Flotim dalam kasus dugaan pungli Rp 1 Juta/desa. Dia menilai telah terjadi penyuapan untuk memuluskan proposal dari pemerintah Flores Timur. “Tidak hanya itu, Gertak juga menduga pengembalian dana ke desa-desa menggunakan dana APBD,” katanya.

Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin belum berhasil dihubungi wartawan. Kasus pungutan liar Rp 1 juta per-desa ini mulai mencuat ke permukaan sejak Agustus 2012. Sekitar sebulan yang lalu pihak Kejari Larantuka telah menetapkan Kepala BPMD Ramli Lamanepa sebagai tersangka. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]