Home / Hukrim / Bupati Kupang Adukan Investor Garam ke Komnas HAM

Bupati Kupang Adukan Investor Garam ke Komnas HAM

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Bupati Kupang dan Tim saat melapor ke Ombusdman

NTTTERKINI.COM, Jakarta – Bupati Kupang, Ayub Titu Eky, mendatangi kantor Komnas HAM dan Ombudsman Republik Indonesia dalam rangka melapor PT Panggung Guna Ganda Semesta dan PT Puncak Keemasan Garam Dunia atas Hak Guna Usaha (HGU) yang diklaim kedua perusahaan dalam melakukan investasi industri garam di wilayah Kabupaten Kupang.

Rilis yang diterima media ini, Sabtu, 1 September 2018 menyebutkan Bupati Kupang ke Komnas HAM dan Ombudsman pada 29 Agustus 2019 didampingi tokoh masyarakat, adat, agama dan pemuda, serta Koalisi Masyarakat Pemberantasan Korupsi Nusa Tenggara Timur (Kompak).

Kedatangan Tim yang menolak HGU Perusahaan itu disambut Komisioner Komnas HAM, Munafrizal Manan. Pada pertemuan tersebut Pihak Komnas HAM menilai sikap Bupati yang hadir bersama masyarakat merupakan hal yang belum pernah terjadi.

Baca Juga :  Diduga Korupsi, Mendagri Nonaktifkan Bupati Sumba Barat

“Kami memberi apresiasi terhadap Bupati dan Tim yang sudah melapor ke Komnas HAM,” kata Munafrisal.

Pertemuan yang berlangsung sekitar empat jam itu. Bupati Ayub Titu Eki menjelaskan Pemerintah tidak membatasi perusahaan mana pun yang ingin melakukan investasi khusus industri garam di wilayah tersebut.

Hanya saja, menurut Ayub, masyarakat setempat harus dihargai sebagai warga Negara yang memiliki adat dan budaya Timor yang dipegang selama ini. “Silahkan saja, perusahaan untuk melakukan kegiatan sepanjang masyarakat tidak dikorbankan,” tegasnya.

Usai melakukan pertemuan dengan KOMNAS HAM, tim tersebut langsung menuju Ombudsman Republik Indonesia untuk menyampaikan hal serupa sekaligus menyerahkan seluruh dokumen pendukung sebagai bukti untuk di tindaklanjuti. (*/Ado)

Share Button
Baca Juga :  Sekda Rote Ndao Dituntut 7,6 Tahun Penjara

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]