Home / Hukrim / Bupati Ngada Divonis 8 Tahun Penjara, Hak Poltik Dicabut

Bupati Ngada Divonis 8 Tahun Penjara, Hak Poltik Dicabut

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Marianus Sae

NTTTERKINI.COM, Surabaya – Bupati Ngada  nonaktif, Marianus Sae divonis 8 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Jumat, 14 September 2018 atas kasus suap yang menjeratnya.

Terdakwa Marianus Sae, disebu hakim, terbukti melanggar pasal 12 huruf a dan b tentang Tindak Pidana Korupsi.

Marianus Sae juga dikenakan denda Rp 300 juta subsider empat bulan penjara ditambah empat tahun pencabutan hak politik.

Terkait vonis tersebut, Vincentcius Maku, kuasa hukum terdakwa mengaku kecewa atas vonis terhadap kliennya tersebut.

Kekecewaan dilontarkan Vincent karena majelis hakim dinilainya tidak mempertimbangkan fakta persidangan, terkait pasal 11 huruf a tentang Tindak Pidana Korupsi, di mana Marianus Sae hanya menerima suap dan sebenarnya bisa menerima vonis hukuman 4 tahun penjara.

Baca Juga :  Konsumsi Miras Oplosan, 2 Warga Belu Tewas, 7 Sekarat

“Bagi kami (putusan) itu sangat tidak adil, karena majelis hakim kelihatannya hanya mengutip apa yang diadilikan jaksa, tidak melihat fakta persidangan,” ungkapnya saat ditemui seusai persidangan.

Vincent mengatakan, kliennya hanya menerima suap dan mengakui selama persidangan terkait suap jabatan pekerjaan yang dilakukan oleh terdakwa penyuap Marianus Sae, Albertus Iwan Susilo dan Wilhelmus Iwan Ulumbu alias Baba Miming.

“Jadi apa yang dirumuskan oleh jaksa pada saat mereka menuntut, kemudian sampai ke pertimbangan majelis itu menurut kami copy paste,” jelasnya.

Pembelaan yang diajukan oleh pihak Marianus Sae, tidak dipertimbangkan oleh majelis hakim karena pada tuntutan juga tidak tercantum pasal 11 yang diharapkan.

“Oleh karenanya, majelis tidak sependapat dengan pembelaan kami, karena dalam rumusan tidak dimasukkan pasal 11 tadi,” tandasnya. (tribun)

Share Button
Baca Juga :  Merusak Pos Polisi, Delapan Warga Jadi Tersangka

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]