Home / Kesehatan / Bupati TTU Ajukan Judicial Review Askes ke MK

Bupati TTU Ajukan Judicial Review Askes ke MK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

askesNTTTERKINI.COM, Kefa – Bupati Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Raymundus Fernandez akan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi terkait pembayaran Asuransi Kesehatan (Askes). Pasalnya, pembayaran Askes merugikan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Pembayaran Askes dinilai merugikan Pegawai Negeri Sipil dan Pemerintah daerah, karena pemanfaatannya tidak jelas dan tidak transparan,” kata Raymundus kepada wartawan, Rabu, 27 Februari 2013.

Setiap bulan, menurut dia, gaji PNS selalu di potong sebesar 2 persen untuk Askes. Jika dalam setahun, PNS tidak mengalami sakit, harusnya dana itu dikembalikan. Namun, kenyataan tidak seperti itu. “Potongan gaji 2 persen aparatur pemanfaatannya tidak jelas dana ini,” katanya.

Karena itu, pemerintah daerah akan meminta kejelasan pemerintah pusat. Pihaknya telah membentuk tim untuk mengakaji rencana judicial review pembayaran Askes ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga :  RSUD Johanis Kupang Terlantarkan Kakek Renta

Pemotongan Askes dari PNS di Kabupaten Timor Tengah Utara setiap tahun mencapai Rp 3,7 milyar. Sementara klaim pembayaran penggunaan Askes oleh PNS hanya berkisar Rp 900 juta per tahun. (opa)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]