Home / Sosbud / Cabut Status Tanggap Darurat, Bantuan Tetap Bergulir

Cabut Status Tanggap Darurat, Bantuan Tetap Bergulir

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ade Manafe

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) secara resmi mencabut status tanggap darurat pasca bencana angin kencang disertai hujan yang memporak-poranda 634 rumah warga.

“Status tanggap darurat secara resmi sudah dicabut hari ini, namun bantuan masih tetap berlangsung, karena terdapat sejumlah warga
terdampak yang belum menerima bantuan,” kata Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Kupang, Ade Manafe, Selasa, 19 Maret 2019.

Berdasarkan data, tercatat total sebanyak 634 rumah mengalami kerusakan akibat bencana tersebut dan tersebar di 44 kelurahan dengan
klasifikasi rusak berat sebanyak 20 rumah, sedang 60 rumah dan rusak ringan sebanyak 557 rumah.

Baca Juga :  PAD Kota Kupang Minus Rp 20 Miliar

Sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) anomor 11a tahun 2018 mengatur klasifikasi rumah dengan tingkat kerusakan berat diberikan bantuan sebesar Rp5 juta-7 juta, tingkat kerusakan sedang sebesar Rp2,5 juta-Rp5 juta, dan rusak ringan sebesar Rp500 ribu-Rp2,5 juta.

“Sesuai perwali, ada yang menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sesuai klasifikasi kerusakan. Ada pula yang menerima bantuan dalam bentuk bahan bangunan,” tambah Ade Manafe.

Rumah warga yang mengalami kerusakan dengan klasifikasi berat dan sedang diprioritaskan menerima bantuan berupa bahan bangunan yang akan didistribusikan secepatnya. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]