Home / Polkam / Caleg Flores Timur Barter Suara Pileg

Caleg Flores Timur Barter Suara Pileg

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Yemris Fointuna

Yemris Fointuna

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Timur (NTT) menemukan dugaan bartyer suara antarcalon anggota legislatif (Caleg) di Kabupaten Flores Timur. “Kami sedang memroses laporan dugaan barter suara antara caleg di Kabupaten Flores Timur,” kata juru bicara Bawaslu NTT Yemris Fointuna kepada wartawan di Kupang, Selasa, 22 April 2014.

Dua caleg DPRD kabupaten itu yakni BS asal Partai Hanura yang diduga menerima 82 suara dari APB, caleg Partai Gerindra. “Laporan tersebut disampaikan Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat (Ampera) NTT,” katanya.

Laporan barter suara itu terjadi di Tempat Pemunggutan Suara (TPS) Desa Kokotobo, Kecamatan Adonara Tengah. Hal itu terungkap setelah para saksi mencocokan data hasil perolehan suara dengan data perolehan suara pada Pleno Rekapitulasi Suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Adonara Tengah.

Baca Juga :  KPU NTT Sahkan Rekapitulasi Suara 9 Kabupaten

Panwaslu setempat, menurut dia, telah mengumpulkan data dan keterangan mengenai barter suara tersebut. Panwaslu juga menyelidiki jenis barang yang digunakan dalam barter suara itu. “Barter suara ini sudah dikoreksi di PPK, namun Bawaslu tetap memroses kasus ini,” katanya.

Dua caleg itu telah melakukan tindak pidana pemilu yakni melanggar Pasal 309 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pemilu. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]