Home / Ekbis / Cuaca Buruk, Harga Sembako di Kota Kupang Naik 20 Persen

Cuaca Buruk, Harga Sembako di Kota Kupang Naik 20 Persen

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Harga  sembilan bahan pokok (Sembako) di sejumlah pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami kenaikan hingga 20 persen. Hal itu disebabkan cuaca buruk yang melanda daerah ini dua pekan terakhir ini.

“Kenaikan harga sembako mencapai 20 persen akibat cuaca buruk yang menyebabkan pasokan sembako terhambat,” kata kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kota Kupang, Viktor Umbu Mana kepada wartawan, Rabu 16 Januari 2013.

Kenaikan ini, menurut dia, karena kapal pengangkut sembako dari Pulau Jawa tidak bisa berlayar, karena cuaca buruk dan angin kencang yang memicu tingginya gelombang di perairan NTT. Akibatnya, Kota Kupang mengalami inflasi yang cukup tinggi yakni 1,54 persen.

Baca Juga :  OJK Awasi Lembaga Keuangan Mikro di NTT

Inflasi ini terjadi, karena adanya kenaikan indeks harga pada hampir semua kelompok pengeluaran, kecuali kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan yang mengalami penurunan indeks harga. “Kelompok tertinggi yang mengalami kenaikan indeks adalah kelompok bahan makanan sebesar 3,53 persen,” katanya.

Dalam mengantisipasi kenaikan ini,katanya, pemerintah mengambil langkah untuk melakukan monitoring dengan melakukan pengontrolan ke gudang distributor untuk mengetahui stock sembako yang masih tersedia, serta melakukan intervensi harga guna menekan terjadi inflasi. “Kenaikan 20 persen ini belum bisa dikategorikan kenaikan yang luar biasa, tetapi masih dianggap wajar,” katanya. (Lan)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]