Home / Pendidikan / Dana PIP Bagi Siswa di Kota Kupang Terancam Ditarik

Dana PIP Bagi Siswa di Kota Kupang Terancam Ditarik

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Anita Gah

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT) terancam ditarik oleh pemerintah pusat.

“Ribuan siswa penerima PIP belum dapat cairkan, karena dihadang pihak sekolah, dan pemerintah pusat akan mengeluarkan perintah untuk menarik kembali semua dana yang belum dicairkan,” kata Anggota Komis X DPR RI, Anita Gah, Kamis, 15 November 2018.

Kendala pencairan PIP tersebut, menurut dia, kerena dihalang-halangi oleh pihak sekolah maupun bank penyalur PIP. ”Kami sudah berjuang di pusat bagi kepentingan rakyat, namun di sini di tahan oleh pihak sekolah yang ingin bermain-main dan akhirnya dana itu dikembalikan ke kas negara. Saya tidak mau ini terjadi,” tambah Anita.

Baca Juga :  Miras dan Perkelahian Antar Pelajar Marak di Kota Kupang

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, tercatat 2017 total siswa penerima PIP sebanyak 32 ribu, dan di 2018 tercatat sebanyak 10.337 siswa SD dan 6.092 siswa SMP penerima dana PIP.

“Masih banyaknya PIP yang belum dicairkan, karena ada beberapa kendala, diantaranya ada juga yang tidak ingin mengambil dana tersebut dan data yang tidak valid,” kata Kadis Pendidikan kota Kupang, Filmon Lulupoly.

Terhitung 30 November 2018, pencairan dana PIP akan dihentikan dan ditarik kembali oleh pemerintah pusat ke kas negara. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]