Home / Polkam / Debat Kandidat Calon Gubernur Telan Dana Rp1,6 Miliar

Debat Kandidat Calon Gubernur Telan Dana Rp1,6 Miliar

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada hari terakhir kampanye 14 Maret mendatang, menelan dana sebesar Rp1,6 miliar yang akan ditayangkan secara langsung oleh salah satu media televisi nasional.

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat DPRD NTT dengan Sekretaris Daerah NTT, Fransiskus Salem, KPU NTT serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT, Selasa, 12 Februari 2013.

Ketua KPU NTT, Jhon Depa menyampaikan, ada selisih anggaran yang harus dipikirkan berkaitan dengan debat terbuka antar pasangan calon yang dilaksanakan di media nasional. Jika debatnya dilakukan di Jakarta, maka dana yang dibutuhkan sekitar Rp1,3 miliar.

“Debatnya dilakukan di Kupang sehingga dibutuhkan tambahan sekitar Rp300 juta, atau dibutuhkan dana sekitar Rp1,6 miliar,” katanya.

Baca Juga :  Tunas Diingatkan Untuk Tidak Korupsi

Inilah yang perlu dicari jalan keluar terbaik, agar partisipasi masyarakat dalam ivent debat tersebut cukup tinggi. Karena total dana hibah pelaksanaan pemilu gubernur dan wakil gubernur 2013 yang telah diterima dari pemerintah provinsi sebesar Rp146 miliar.

Dana itu lebih banyak digunakan untuk pengadaan logistik, khususnya pengadaan surat suara yang dalam proses pencetakan sesuai DPT 2,9 juta. Namun, ada kemungkinan bertambah, karena KPU masih membuka ruang perubahan DPT hingga 9 Maret mendatang. “Ruang itu tentunya berkonsekuensi pada anggaran,” katanya.

Anggota Komisi A DPRD NTT dari Fraksi Partai Golkar, Anwar Pua Geno menyampaikan, debat kandidat itu perlu dilakkukan di media televisi nasional agar masyarakat luas, baik yang ada di NTT maupu luar daerah bisa mengikuti program kerja yang ditawarkan para pasangan calon. “Besarnya anggaran, agar masyarakat Indonesia tahu program yang ditawarkan para cagub,” katanya.

Baca Juga :  Cagub-Cawagub NTT Tandatangani Komitmen Anti Korupsi

Ketua Bawaslu NTT, Nelce Ringu mengakui debat terbuka antar pasangan calon di media nasional bisa menjadi media promosi. Tapi diharapkan agar anggaran untuk komponen lain dialokasikan secara berimbang. “Jangan korbankan komponen lain dalam penyelenggaraan pemilu gubernur 2013 ini,” katanya.

Sekretaris Daerah NTT, Fransiskus Salem menyampaikan, pemerintah provinsi akan membahas dana debat kandidat sebesar Rp1,6 miliar itu. “Jika memungkinkan, dibiayai oleh pemerintah, karena debat itu memberi dampak yang cukup luas,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]