Home / Polkam / Demokrat Kota Kupang Ganti Satu Bacaleg 

Demokrat Kota Kupang Ganti Satu Bacaleg 

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ludowyk Fredik

NTTTERKINI.COM, Kupang — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat,  Nusa Tenggara Timur (NTT) menganti Bakal Calon  Legislatif (Bacaleg) dari partai tersebut yang di tolak Komisi  Pemilihan Umum (KPU) karena berstatus mantan napidana tindak pidana  korupsi. 

“Pasti sudah di ganti, itu kewenangan dari pimpinan kota yang akan melakukan hal tersebut,” kata Ketua DPD Partai Demokrat NTT, Jefri Riwu  Kore, Senin, 30 Juli 2018. 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Demokrat Kota Kupang, Herry  Kadja mengatakan DPP telah memutuskan dan menetapkan Matheus 
Tivon Leba sebagai bacaleg yang mengganti bacaleg sebelumnya atas nama Jeremias Therik dapil kota Kupang I, kecamatan Kota Raja yang tidak  dapat dicalonkan karena yang bersangkutan mantan napidana tindak  pidana korupsi. 

“Sudah ada surat tembusan untuk mengganti Jeremias Therik dengan  Matheus Tivon Leba, dan sementara kami masih lakukan kelengkapan 
administrasi untuk dapat di masukkan ke KPU,”kata Herry Kadja. 

Komisioner KPU Kota Kupang, Lodowyk Fredik mengatakan bacaleg yang  sudah mendaftar dan ditolak, wajib diganti oleh partai hingga batas  akhir kelengkapan berkas administrasi, 31 Juli 2018 pukul 16.00 wita. 

“Jika hingga tanggal akhir partai tidak mengajukan nama calon  pengganti caleg yang di tolak, maka otomatis tidak akan ada nama caleg tersebut,” kata Lodowyk. 

Total bacaleg yang telah mendaftar sebanyak 595 dari 15 partai untuk lima dapil, dan sebanyak 3 orang bacaleg telah ditolak, dua  diantaranya mantan napi korupsi dari partai Demokrat dan Partai  Berkarya. Sedangkan satu bacaleg lainnya dari partai Hanura yang  terlibat kasus penjudian dan sementara menjalani masa hukuman. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  17 Februari 2016, Sembilan Bupati Dilantik di Kupang

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]