Home / Hukrim / Di Kupang, Imigran Gelap Ber-KTP

Di Kupang, Imigran Gelap Ber-KTP

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Imigran Gelap

Imigran Gelap

NTTTERKINI.COM, Kupang – Hati-hati dengan Imigran gelap yang berkeliaran di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, ada sebagian imigran yang miliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Kabupaten Kupang.

PT Angkasa Pura (Persero) Bandara El Tari Kupang, misalnya, menemukan empat imigran gelap asal Myanmar yang miliki KTP Indonesia. Tiga diantaranya, KTP Kupang, satu KTP Kota Medan, Sumatera Utara. “Petugas bandara merasa curiga setelah meminta identitas diri, justru yang diberikan adalah KTP Indonesia,” kata staf PT Angkasa Pura I Mada Sudiana di Kupang, Selasa, 22 Oktober 2013.

Penangkapan imigran tersebut, menurut dia, terjadi akhir September lalu. Awalnya petugas di bagian check in meminta imigran itu menyerahkan kartu identitas untuk dicocokan dengan identitas yang tertera di tiket.

Baca Juga :  Dipukul Istri, Pria Ini Lapor Polisi

Petugas pun menyerahkan dokumen berupa KTP dan melaporkan imigran tersebut ke petugas keamanan Bandara yang langsung diserahkan ke Imigrasi Kupang. KTP yang dikeluarkan itu dipastikan berasal dari Dinas Kependudukan Kabupaten Kupang dan Dinas Kependudukan Kota Medan. “Kami heran, kenapa imigran bisa miliki KTP Indonesia,” katanya.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya menduga jaringan penyelundupan imigran sudah masuk ke kalangan pemerintah. “Jaringan imigran ini sudah masuk sampai ke dinas kependudukan,” katanya.

Karena itu, dia meminta pihak terkait agar menelusuri dugaan pegawai di dinas kependudukan yang terlibat dalam jaringan penyelundupan manusia. “Yang buat KTP harusnya tertib dan sesuai aturan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]