Home / Sosbud / Di NTT, Fasilitas Umum Bagi Disabilitas Minim

Di NTT, Fasilitas Umum Bagi Disabilitas Minim

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Advokasi disabilitas bagi wartawan

Advokasi disabilitas bagi wartawan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kemudahan atau aksesbilitas fasilitas umum bagi kelompok penyandang disabilitas di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih minim dalam menunjang kegiatan dan aktivitas kelompok tersebut.

“Ketersediaan dan kemudahan sarana prasana atau fasilitas umum bagi disabilitas terhadap suatu objek sangat minim, sehingga menimbulkan hambatan interaksi,” kata Direktris Perkumpulan Persani NTT, Serafina Bete saat workshop bersama wartawan guna mendorong kerja pemberitaan berpihak pada kelompok rentan, Selasa, 7 November 2017.

Menurut dia dalam berinteraksi seringkali penyadang disabilitas belum mendapatkan kemudahan akses tersebut di tempat-tempat layanan umum. Ia mencontohkan hingga saat ini ada beberapa aturan yang telah mengatur terkait aksesbilitas bangunan fisik, namun implementasi masih belum maksimal bagi para kelompok disabilitas diantaranya gedung, lingkungan dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga :  HUT Pol PP dan Linmas Dirayakan di Kupang

“Pelayanan dan kemudahan akses masih sangat minim. Bahkan ada yang belum diimplementasikan dalam layanan publik bagi disabilitas,” tambah Serafina.

Ketua Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung (Appek) Vincent Bureni mengungkapkan perempuan penyandang disabilitas miskin dan lansia masuk dalam kategori kelompok masyarakat yang paling sangat rentan dibanding anak-anak, fakir miskin, serta wanita hamil. “Perempuan penyandang disabilitas miskin dan lansia masuk dalam kategori kelompok masyarakat paling sangat rentan,” kata Vincent.

Selalu ada kelompok rentan yang terbatas kapasitas akses dan ruang dalam arena sosial, politik ekonomi dan kebijakan, sehingga di dorong agar kaum rentan dan disabilitas dapat dilibatkan secara penuh dalam aktifitas dan kegiatan pemerintah untuk dapat bersuara menyatakan kepentingan mereka. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]