Home / Kesehatan / Wabah Diare Ancam Kota Kupang

Wabah Diare Ancam Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungkapkan, jumlah penderita penyakit diare di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengalami peningkatan dan terancam menjadi kejadian luar biasa (KLB0 atau wabah.

“Data menunjukkan indikasi penderita diare mengalami peningkatan, dan berpotensi mewabah, namun belum dikategorikan kasus KLB,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Sri Wahyuningsih, Selasa, 12 September 2017.

Berdasarkan data Dinkes Kota Kupang, pada 2016 jumlah penderita diare sebanyak 3.343, 2017 hingga September tercatat 3.121 penderita, dan korban meninggal akibat wabah diare sebanyak 1 orang.

Daerah sebaran penderita terbanyak berada di kecamatan Maulafa dengan jumlah penderita sebanyak 862 orang. “Musim kemarau dan ketersediaan air bersih menjadi pemicu meningkatnya penyakit ini, sehingga pola hidup bersih dan sehat perlu ditingkatkan,” tambah Sri.

Baca Juga :  Atasi Hepatitis B, Kemenkes Deteksi Dini Ibu Hamil

Selain itu, lanjut dia, penyakit diare diakibatkan infeksi usus yang terjadi saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit dan virus rotavirus dan e-coli.

Selain diare, kata dia, warga juga dihimbau mewaspadai penyakit yang berpotensi wabah lainnya yakni Demam Berdarah Dengue (DBD), sehingga pola hidup sehat dan bersih perlu ditingkatkan guna terhindar dari penyakit tersebut. “Hanya dengan hidup sehat, bisa meminimalisir mewabahnya penyakit diare dan DBD,” katanya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]