Home / Hukrim / Diduga Korupsi BBM, Jaksa Tahan Kadis ESDM Lembata

Diduga Korupsi BBM, Jaksa Tahan Kadis ESDM Lembata

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi Korupsi

NTTTERKINI.COM, Lewoleba – Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESMD) Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rafael Hadjon ditahan aparat kejaksaan negeri Lewoleba, Lembata, karena diduga terlibat kasus korupsi pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi Perusahan Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik Pemerintah Daerah tahun 2010.

Kejaksaan negeri (Kejari) Lewoleba sempat menahan kadis ESDM yang sudah ditetapkan sebagai tersangka di Rumah Tahanan (Rutan) Lembata bersama mantan Bendahara ESDM Hendrikus Pati.

Keduanya baru dikirim ke Kupang untuk diamankan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Kupang, Kamis, 31 Januari 2013. “Kedua tersangka kasus korupsi dari Lembata itu sudah tiba di Kupang dan langsung dititipkan di LP Penfui,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi NTT, Johny Maulaka kepada wartawan.

Baca Juga :  Ibu Muda Ditemukan Tewas di Pantai Kupang

Kedua tersangka dugaan korupsi itu diterbangkan ke Kupang menggunakan pesawat Susi Air untuk menjalani proses persidangan di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Kupang.

Hal itu juga dibenarkan, Kepala Lapas Klas IA Kupang, Sartono juga membenarkan kedua tersangka itu sudah dititipkan penyidik kejaksaan Lembata di LP Penfui Kupang. “Kedua tersangka sudah tiba dan ditahan di LP. Keduanya metupakan titipan kejaksaan negeri Kupang,” katanya.

Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur mengatakan sudah mengetahui penahanan dua tersangka itu, dan menyerahkan kasus itu ke penyidik. “Siapa pun yang terlibat kasus korupsi harus di proses hukum,” katanya.

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 19 Oktober 2012. Kedua tersangka diduga melakukan penyelewengan dana operasional BBM jenis solar. Berdasarkan hasil audit BPKP di temukan kerugian negara sebesar Rp. 160 juta. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]