Home / Hukrim / Diduga Korupsi Buku, Hermanus Dituntut 3 Tahun Penjara

Diduga Korupsi Buku, Hermanus Dituntut 3 Tahun Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi Penyuapan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Hermanus Bili, terdakwa dugaan korupsi pengadaan buku SD, SMP dan alat peraga Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) dituntut 3 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Aryus Martadinata mengatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan buku SD, SMP dan Pengadaan alat-alat peraga pada Dinas PPO Sumba Barat Daya.

“Terdakwa terbukti terlibat dalam dugaan korupsi pengadaan buku itu,” kata Aryus, dalam sidang dengan agenda penuntutan di pengadilan tindak korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis, 21 Februari 2013.

Sidang itu dipimpin majelis hakim Agus Komarudin, didampingi dua hakim anggotanya Fery Haryanta dan Jult Lombang Gaol. Dalam tuntutannya, JPU juga mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara.

Baca Juga :  Hari Ini, Sidang Putusan Rudi Soik

Menurut Aryus, kesalahan terdakwa dalam kasus pengadaan buku untuk SD, SMP dan alat-alat peraga yakni terdakwa menerima suap dari terdakwa lainnya, Indra Wahyudi sebesar Rp 500.000.

Perbuatan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dan diancam dalam tindak pidana pasal 5 (2) Jo Pasal 18 UU RI No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP. (Dem)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]