Home / Hukrim / Diduga Korupsi, Mantan Kadistamben Ende Dituntut 4 Tahun Penjara

Diduga Korupsi, Mantan Kadistamben Ende Dituntut 4 Tahun Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi Korupsi

NTTTERKINI.COM, Ende – Thom Rede Benge, mantan Kepala Dinas Pertambangan dan energi Kabupaten Ende dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama 4 tahun penjara dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat-alat elektronik pada dinas Pertambangan Ende.

Tuntutan itu disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Theresia Weko dalam sidang dengan agenda penututan di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis, 7 Februari 2013.

Menurut JPU, terdakwa tidak bisa menunjukan bukti berupa kuitansi pengadaan alat-alat elektronik, seperti mesin Scaner, camera digital dan Handicam. “Semua alat yang diadkan tidak disertai dengan kuitansi,” katanya.

Karena itu, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek pengadaan itu. Selain dituntut 4 tahun penjara, terdakwa diwajibkan membayar denda sebesar Rp 200 juta subsider 3 bulan penjara. Terdakwa juga dikenai uang pengganti sebesar Rp 13 juta subsider 2 tahun penjara. Jika dalam sepekan tidak membayar denda, setelah adanya putusan hukum tetap (Inkrah).

Baca Juga :  Ratusan Pengungsi Rokatenda Kesulitan Makanan

Perbuatan terdakwa, katanya, telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diatur dalam pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]