Home / Hukrim / Diduga Terlibat Korupsi, Kadis Kesehatan Mabar Disidangkan

Diduga Terlibat Korupsi, Kadis Kesehatan Mabar Disidangkan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi Korupsi

Ilustrasi Korupsi

NTTTERINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dr. I Gusti Ngurah Hari Jaya, yang ditahan Kejaksaan Negeri setempat, 2 April 2013, karena diduga terlibat korupsi pembangunan gedung Rumah Sakit Komodo di daerah tersebut, hari ini mulai jalani sidang perdana.

“Kami sudah jadwalkan sidang yang rencananya mulai digelar hari ini,” kata Penitera Muda Pengadilan Tipikor Kupang, Andreas Benu, Kamis, 4 April 2013.

Menurut dia, Kadis Kesehatan Mabar telah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1B Kupang, setelah dilimpahkan Kejaksaan Negeri Labuan Bajo. Tersangka ditahan, karena diduga terlibat proyek pembangunan lanjutan tahap I RSUD Komodo yang belum diselesaikan dikerjakan. Namun, tersangka menandatangani berita acara PHO yang menyatakan bahwa proyek tersebut telah seratus persen.

Baca Juga :  Kejari Larantuka Periksa Bupati Flores Timur

Menurut dia, total dana proyek pembangunan tahap I RSUD Komodo menggunakan dana tahun anggaran tahun 2007/2008 sebesar Rp 5,7 miliar lebih. Namun dalam proyek lanjutan, hanya menggunakan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar lebih.

Masalah lain dalam proyek itu yakni terdapat beberapa item pekerjaan yang tidak sesuai kontra, seperti urukan perataan dan pemadatan tidak sesuai kontrak, pondasinya, urukan pasir bawah lantai, dan lantai pondasi juga tidak sesuai dengan kontrak.

Akibat perbuatan itu, tersangka diduga telah memperkaya diri sendiri atau orang lain sehingga mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 357,7 juta lebih. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]