Home / Hukrim / Diduga Terlibat Korupsi, Kadis PU Kupang Ditahan

Diduga Terlibat Korupsi, Kadis PU Kupang Ditahan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Kupang, Joao Mariano ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kupang, Kamis, 1 Mei 2014, karena diduga terlibat kasus dugaan korupsi pembangunan sarana air bersih perpipaan tahun anggaran 2010 senilai Rp 1,7 miliar di Kecamatan Semau.

Sebelum ditahan tersangka diperiksa penyidik Kejari Kupang. Tersangka dicerca sebanyak 36 pertanyaan oleh jaksa. Usai diperiksa tersangka digiring keluar dari Kantor Kejari Kupang menuju mobil tahanan untuk menjalani penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kupang.

Kuasa hukum tersangka, Rudolfus Roni Talan mengatakan pihaknya akan mengambil langkah hukum lainnya terkait penahanan ini. “Kami masih berembuk untuk mengambil langkah hukum terkait penahanan ini,” katanya.

Baca Juga :  Kadis PPO Kota Kupang Tersangka Korupsi Pembangunan SMK

Diakuinya dalam kasus ini kliennya memang melanggar aturan, namun hal itu diambil untuk menyelamatkan warga di Desa Semau agar bisa menikmati air bersih. “Ini kebijakan yang harus diambil, demi kemanusiaan. Jadi klien kami tidak bersalah,” katanya.

Dia mengatakan, kliennya ditanya seputar kewenangannya sebagai kepala dinas pekerjaan umum selaku pengguna anggaran, dan proyek yang dikerjakan sudah mencapai 100 persen dan telah dinikmati warga setempat. “Namun karena biaya operasionalnya tidak disiapkan maka alat untuk mengalirkan air tidak berfungsi,” katanya.

Penyidik Kejari Kupang, Arif Kanahau mengatakan dalam kasus itu perbuatan tersangka merugikan keuangan Negara hingga Rp 100 juta. “Proyek itu tidak berfungsi dan banyak pipa yang megalami kerusakan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]