Dinkes Kota Kupang Temukan Dua Penderita Malaria Vivax

0
314

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menemukan dua pasien yang positif menderita penyakit malaria vivax yang disebabkan oleh parasit plasmodium vivax.

“Temuan penderita malaria vivax ini merupakan kasus impor, artinya bukan warga Kota Kupang namun orang dari luar NTT yang sementaraberada di sini,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih, Rabu, 22 Januari 2020.
Menurut dia, ada banyak sekali jenis malaria yang dibedakan menurut jenis parasit plasmodium yang menginfeksi, namun hanya lima jenis plasmodium yang menginfeksi manusia salah satunya penyakit malariavivax yang disebabkan oleh parasit plasmodium vivax yang dapat bertahan dalam keadaan tidak aktif pada organ hati selama beberapa bulan hingga tahun, sehingga malaria jenis ini dapat kambuh ketika parasit aktif kembali.
Berdasarkan data, tren kasus malaria di Kota Kupang mengalami penurunan angka kasus, yakni pada 2017 ditemukan 109 kasus, 2018 sebanyak 49 kasus, sedangkan di 2019 menurun menjadi 41 kasus penderita malaria dengan daerah endemis malaria tertinggi di Kecamatan Alak.
“Kami terus berharap, memantau serta mengantisipasi agar jangan ada warga Kota Kupang yang menderita penyakit tersebut,” tambah Sri.
Menuju kota eliminasi atau bebas Malaria, Dinkes terus melakukan upaya secara terintegrasi menemukan kasus malaria secara aktif, pemantauan dilakukan melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR), sekaligus pengobatan menggunakan obat Artemisinin (ACT) di semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan rumah sakit. (Lid)

Komentar ANDA?