Home / Sosbud / Dinsos Pulangkan 302 TKI Ilegal

Dinsos Pulangkan 302 TKI Ilegal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

TKW asal NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Dinas Sosial (Dinsos) NTT memulangkan 302 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal ke daerah asal, setelah dideportasi dari Malaysia. Tahun 2011 sebanyak 142 orang dan tahun 2012 sebanyak 160 orang.

“Hari ini, kami pulangkan sedikitnya 74 TKI ke kampung halamannya,” kata Kepala Dinas Sosial Sinun Petrus Manuk kepada wartawan, Jumat, 8 Februari 2013.

Sebelumnya, Malaysia mendeportasi sebanyak 74 TKI ilegal, karena masuk ke negara itu tanpa dokumen. Setelah tiba di Kupang pada 6-7 Februari 2013, para TKI ditampung sementara di rumah penampungan milik kementerian sosial. “Setelah dilakukan pembinaan, mereka dikembalikan ke daerah asal dengan biaya ditanggung pemerintah,” katanya.

Baca Juga :  Keluarga Lamaholot Gelar Natal Bersama di Kupang

Salah satu aspek pendorong tingginya TKI asal NTT bekerja di luar negeri, menurut dia, adalah kemiskinan. Walau angka kemiskinan terus menurun, tapi masih tinggi dari rata-rata nasional.

Kemiskinan di NTT masih sekitar  20,48 persen, sedangkan nasional 14 persen. Saat ini, NTT merupakan provinsi ketiga termiskin setelah Papua dan Papua Barat. “Kita terus berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan hingga 18 persen,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]