Home / Pendidikan / Dispendik Hentikan Kelas Akselarasi SMP Timpolmas

Dispendik Hentikan Kelas Akselarasi SMP Timpolmas

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik), Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghentikan penyelenggaraan program kelas akselerasi yang di terapkan tidak sesuai dengan aturan.

“Untuk kelas akselerasi di sekolah tersebut memang sudah tidak sesuai dengan aturan dan secara tegas telah kami hentikan,” kata Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dispendik Kota Kupang, Roby Ndun, Rabu, 14 Februari 2018.

Menurut dia, SMP Timpolmas dinilai menerapkan standarnisasi kurikulum
akreditasi, akselerasi secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan Dispendik Kota Kupang, karena sistem kegiatan belajar mengajar dan standar akselerasi yang diterapkan tidak sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan.

“Kelas akselerasi yang diterapkan di sekolah tersebut di lakukan secara sepihak tanpa konsultasi kurikulum dan juga sudah tidak sesuai dengan aturan yang di tetapkan,” tambah Robi.

Baca Juga :  570 Siswa SMA/SMK di NTT Tidak Lulus UN

Kelas akselerasi atau percepatan merupakan program kelas bagi anak didik yang memiliki kemampuan kompetensi di atas rata-rata dan mampu menyelesaikan beban kurikulum dalam waktu yang lebih singkat.

Hal tersebut tidak sesuai dengan aturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 64/2014 yakni masa studi siswa tetap tiga tahun seperti kelas jalur normal atau reguler.

“Berdasarkan permendikbud tersebut, sekolah yang menyelenggarakan kelas khusus tidak berlaku lagi dan kembali ke aturan normal yakni masa sekolah 3 tahun,” tutup Roby. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]