Home / Polkam / DP4 NTT Pemilu Legislatif 3,7 Juta Jiwa

DP4 NTT Pemilu Legislatif 3,7 Juta Jiwa

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gubernur NTT Frans Lebu Raya

NTTTERKINI.COM, Kupang -Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk pemilu legislatif 2014 sebanyak 3,775 juta lebih jiwa, sedangkan Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) sebanyak 5,343 juta lebih jiwa.

DP4 NTT pemilu legislatif 2014 ini diserahkan Gubernur Frans Lebu Raya kepada KPU NTT yang diterima Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi di ruang kerja gubernur, Kamis 7 Februari 2013.

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTT, Wilhelmus Foni mengatakan, DP4 yang diserahkan ini bersumber dari database kependudukan kabupaten/kota yang telah diintegrasikan dengan hasil perekaman e-KTP oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. “DP4 yang diserahkan ini tidak perlu diragukan,” katanya.

Baca Juga :  NTT Bangun Pusat Pengendalian Operasi Penanganan Bencana

DP4 ini, menurut dia, digunakan sebagai bahan KPU dalam menyusun daftar pemilih sementara (DPS) dan pada saatnya akan ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT) yang akan digunakan untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2014.

Sekretaris KPU NTT, Ubaldus Gogi menyatakan, DP4 yang diterima KPU NTT akan dilakukan pemutakhiran berdasarkan data kependudukan yang disiapkan dan diserahkan pemerintah. KPU akan menggunakan aplikasi DPT dalam melakukan pemutakhiran DP4 yang telah diserahkan pemerintah.

“Sebagai penyelenggara, kami menyadari benar bahwa dalam beberapa perodisasi penyelenggaraan pemilu, masih menyisahkan persoalan mengenai data pemilih,” ujar Gogi.

KPU mengajak seluruh elemen, seperti pemerintah, partai politik, dan masyarakat untuk mengkawal pengelolaan data pemilih agar menghasilkan sebuah data pemilih yang valid dan berkualitas. “Dengan demikian dapat meminimalisir permasalahan yang timbul akibat tidak valid-nya data pemilih,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]