Home / Polkam / DPD RI Setuju Adonara Jadi Kabupaten

DPD RI Setuju Adonara Jadi Kabupaten

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

KristoNTTTERKINI.COM, Kupang – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyetujui usulan Daerah Otonomi Baru (DOB) Adonara yang dimekarkan dari Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi kabupaten baru.

“DPD sudah menetapkan Adonara sudah pantas menjadi kabupaten sendiri terpisah dari induknya Flores Timur,” kata Anggota DPRD Kabupaten Flotim asal Adonara, Sahar Libu Patty yang menghubungi wartawan dari Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2013.

Persetujuan pembentukan DOB Adonara dilakukan melalui rapat paripurna DPD yang digelar, Selasa, 1 Oktober 2013, sehingga keputusan itu akan diserahkan ke Komisi II DPR RI untuk diproses dan ditetapkan.

Selain Adonara, ada tiga calon DOB yang turut disetujui DPD RI yakni DOB Tayam di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, DOB Simalumung Hataran yang berpisah dari induknya Kabupaten Simalumung, Sumatera Utara serta Kabupaten Lembak di Kabupaten Rejak Lebong provinsi Bengkulu. Perjuangan Adonara menjadi DOB telah dilakukan sejak tahun 1999 lalu.

Baca Juga :  Sore Ini, Megawati Kampanye Frenly di Kupang

Selain Adonara, DPD juga menyetujui pembentukan Kota Maumere di Kabupaten Sikka, NTT. Tokoh masyarakat Sikka, Kristo Blasin mengatakan usulan Kota Maumere sudah diusulkan ke Komisi II DPR RI pada September 2013. “Kota Maumere telah diusulkan terlebih dahulu,” katanya.

Dia berharap dua usulan ke Komisi II DPR RI segera dibahas agar tahun ini kedua daerah itu bisa ditetapkan menjadi DOB di provinsi NTT. Jika itu terjadi, maka NTT akan miliki 22 kabupaten dan dua kota. “Kami berharap tahun ini dua daerah itu bisa ditetapkan sebagai DOB,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]