Home / Sosbud / DPRD Hentikan Pembangunan Gedung BI di Kupang

DPRD Hentikan Pembangunan Gedung BI di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Bank Indonesia

Bank Indonesia

NTTTERKINI.COM, Kupang – DPRD Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghentikan pembangunan gedung Bank Indonesia (BI) di Jalan El Tari Kupang, karena tidak miliki ijin mendirikan bangunan (IMB) dan Amdal.

Penghentian ini dilakukan DPRD, ketika berkunjung ke lokasi pembangunan itu, Selasa, 1 Juli 2013. Kunjungan itu berdasarkan laporan masyarakat bahwa pembangunan yang telah memasuki penanaman tiang pancang telah mencemari air baku warga sekitar.

“Pembangunan ini belum miliki ijin dan Amdal, sehingga masyarakat keluhkan air sumur tercemar lumpur,” kata Ketua DPRD Kota Kupang, Telenmark Daud di sela-sela kunjungan tersebut.

Dia menilai pembangunan gedung BI ini ilegal, karena tidak miliki IMB, seperti yang diamatkan Peraturan daerah (Perda). Tidak hanya itu, pembangunannya juga belum melalui kajian Amdal. “Padahal ini gedung pemerintah yang harus taat pada aturan yang ada,” katanya.

Baca Juga :  Lebaran, Dinas Sosial NTT Jalin Silaturahmi

Deputi BI Kupang, Samuel Djoh mengaku akan mengikuti sejumlah keputusan yang telah dikeluarkan DPRD Kota Kupang. “Kami akan mengikuti sejumlah aturan hukum yang berlaku di daerah ini,” katanya.

Proses pengurusan izin yang belum dimiliki, menjadi kewajiban pelaksanan proyek. Namun, terkait sejumlah kompensasi yang akan dilakukan BI terhadap pencemaran air warga, BI berjanji akan memasang saringan pada sejumlah sumber air dan memberikan penyaluran air bersih kepada warga untuk pemenuhan kebutuhan air bagi warga. “Kami akan penuhi tuntutan warga dan DPRD itu,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]