Home / Polkam / DPRD NTT Tambah 10 Kursi, Kota Satu Dapil

DPRD NTT Tambah 10 Kursi, Kota Satu Dapil

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Kursi di DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pemilu 2014 mendatang akan bertambah 10 kursi, sehingga total kursi DPRD akan menjadi 65 kursi, karena meningkatnya jumlah penduduk NTT yang telah mencapai 5,3 juta jiwa.

“Bertambahnya jumlah penduduk berimplikasi pada jumlah kursi di DPRD yang bertambah menjadi 65 kursi,” kata Ketua KPU NTT, Johanis Depa kepada wartawan di Kupang, Kamis, 17 Januari 2013.

Penmbahan jumlah kursi ini, menurut dia, sesuai amanat Undang-Undang, bahwa jumlah penduduk yang lebih dari 5 juta, maka jumlah kursi di DPRD provinsi sebanyak 65 kursi. “Kami sedang melakukan proses pembagian kursi terkait penambahan kursi tersebut,” katanya.

Baca Juga :  Jefri- Herman Menang Pilkada Kota Kupang

Dia mengatakan, pembagian kursi setiap daerah pemilihan (Dapil) terkait penambahan itu akan disesuaikan dengan jumlah penduduk yang terdapat pada setiap daerah pemilihan. Namun jumlah kursi yang dialokasikan setiap daerah pemilihan paling banyak 12 kursi.

Kemungkinan yang ditata hanya daerah pemilihan NTT satu yang mencakup Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua. Karena sesuai hitungan, jumlah kursi di daerah pemilihan NTT satu sebanyak 13 kursi. “Kami sedang menggagas agar Kota Kupang ditetapkan menjadi satu daerah pemilihan. Sedangkan tiga kabupaten lainnya tetap disatukan menjadi satu daerah pemilihan,” katanya.

Penentuan daerah pemilihan dapil ini, katanya, didasarkan pada sejumlah pertimbangan, seperti kesamaan kultur dan kedekatan daerah. Kota Kupang tentunya punya pertimbangan tersendiri, karena masyarakatnya heterogen. “Sedangkan Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua, sedikitnya memiliki sejumlah kesamaan,” katanya.

Baca Juga :  Mahasiswi PGRI Ditemukan Tewas Dalam Kamar Kos

Dengan penambahan dapil itu, lanjutnya, maka dipastikan dapil pemilu 2014 di NTT menjadi delapan dapil. Tinggal ditetapkan jumlah kursi setiap daerah pemilihan,” katanya.

Selain daerah pemilihan NTT satu, tambahnya, enam dapil lainnya hanya menambah kuota kursi yang diperebutkan. Penambahan kursi setiap daerah pemilihan akan disesuaikan dengan jumlah penduduk pada daerah pemilihan tersebut. “Prinsipnya penambahan kursi pada satu daerah pemilihan tidak melampaui batas maksimal yakni 12 kursi,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]