Home / Polkam / DPRD NTT Usulkan Pemungutan Suara Bisa Gunakan KK

DPRD NTT Usulkan Pemungutan Suara Bisa Gunakan KK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Proklamasi Ebu Tho

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) Proklamasi Ebu Tho meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencari alternatif agar semua warga NTT bisa gunakan hak pilihnya pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2018.
 
“Jika KPU dan pemerintah tidak bisa penuhi target Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP),  maka Kartu Keluarga (KK) bisa jadi alternatif untuk gunakan hak pilih,” kata Proklamasi kepada media ini,  Rabu,  21 Maret 2018.
 
Saat ini,  menurut dia,  berdasarkan penjelasan KPU NTT masih sekitar 500 ribu pemilih di NTT yang belum merekam e-KTP,  sehingga mereka terancam tidak bisa gunakan hak pilihnya pada Pilgub 27 Juni 2018.
 
Karena itu,  dia berharap pemerintah dan KPU bisa mengcover masalah itu sebelum pilgub dan pilkada di 10 kabupaten pada 27 Juni 2018. “Kami berharap ada kerja maksimal, sehingga sebelum pencoblosan sudah dituntaskan,” tegasnya. 
 
Dia mengatakan Komisi I DPRD NTT akan memanggil KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menjelaskan masalah tersebut. “Kami akan panggil KPU dan Bawaslu untuk jelaskan secara detail,” ujarnya. 

Hal senada diungkap Anggota DPRD NTT, Winston Rondo terkait penggunaan KK bagi pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Dimungkinkan untuk gunakan KK bagi pemilih yang tak terdaftar,” katanya. 
 
Ketua KPU NTT,  Maryanti Luturmas Adoe mengatakan di PKPU Nomor 8/2018, diatur bahwa untuk pemungutan suara hanya menggunakan e-KTP atau surat keterangan.
“KK dapat digunakan dalam pendataan sesuai PKPU 2/2017, selain e-KTP,” tegasnya. (Ado)

Share Button
Baca Juga :  Natal Bersama Partai Nasdem Dihadiri Tiga Menteri

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]