Home / Polkam / DPT Pemilu Legislatif NTT Berkurang 6.872

DPT Pemilu Legislatif NTT Berkurang 6.872

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Maryanti Luturmas- Adoe

Maryanti Luturmas- Adoe

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi pemilihan umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengurangi daftar pemilih tetap (DPT) pemilu legislatif (Pileg) tahun 2014 sebanyak 6.872 orang, setelah dilakukan verifikasi.

“Setelah dilakukan validasi data pemilih, maka terjadi kekurangan pemilih sebanyak enam ribu lebih,” kata juru bicara KPU NTT Maryanti Luturmas-Adoe, Rabu, 29 Januari 2014.

KPU NTT, manurut dia, awalnya telah menetapkan DPT pileg pada 2 Desember 2013 lalu sebanyak 3.101.911 jiwa. Usai penetapan itu, ditemukan adanya pemilih yang telah meninggal dunia, dan pemilih ganda.

Karena itu, katanya, KPU NTT melakukan verifikasi ulang DPT yang telah ditetapkan itu, dan menemukan pemilih yang meninggal dunia sebanyak 1.300 orang, data ganda 3.250 jiwa, pindah domisili 1.978 jiwa, dibawah umur 69, tak dikenal 244, beralih status TNI/Polri 17 dan hilang ingatan 14 orang.

Baca Juga :  Hampir Seluruh TPS di Kota Kupang Kurang Surat Suara

Dengan ditemukan data tersebut, maka KPU NTT menggelar pleno ulang, dan menetapkan DPT pileg sebanyak 3.095.039 jiwa yang tersebar di 21 kabupaten/kota di NTT. “DPT ini sudah ditetapkan setelah melakukan verifikasi,” katanya.

Namun, dia mengatakan, KPU masih menemukan data nomor induk kependudukan (NIK) invalid sebanyak 48.557. KPU masih melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten/kota untuk memverifikasi NIK invalid tersebut. “Kami dideadline hingga min 14 sebelum pencoblosan. Jika tidak ada laporan, maka nama-nama tersebut akan dihilangkan dalam DPT,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]