Dualisme Dukungan PKPI di Pilkada Kota Kupang

0
1211
PKPI
PKPI
PKPI

NTTTERKINI.COM, Kupang – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendaftarkan dua bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk bertarung di pemilu kepala daerah (Pilkada).

Selain mendaftarkan dukungan kepada bakal pasangan calon Jefri Riwu Kore- Herman Man, PKPI juga mendaftarkan bakal pasangan calon Jonas Salean- Nikolaus Frans.

Sektretaris PKPI Kota Kupang, Tanel Pandie membantah terjadi dualisme kepemimpinan di tubuh PKPI Kota Kupang, sehingga didaftarkan dua calon ke KPU Kota Kupang. “Tidak terjadi dualisme dukungan. Namun kami akui dukungan kader dan pengurus partai tidak utuh,” katanya kepada wartawan, Kamis, 22 September 2016.

Perpecahan di PKPI, menurut dia, terkait dengan pergantian Pejabat di tingkat pusat, pasca pencopotan Isran Noor dan diangkatnya pejabat sementara (Pjs) Harri Sudarno. Namun keputusan partai berubah, setelah mayoritas DPD hingga DPP PKPI meminta Hendropriyono menjabat sebagai ketua umum PKPI periode 2016-2021.

“Perbedaan dukungan dalam pelaksanaan Pilkada kali ini memang terjadi, karena faktor internal partai,” katanya. Namun dia menegaskan bahwa dukungan PKPI hanya kepada bakal pasangan calon Jonas Salean- Nikolaus Frans.

Berdasarkan surat keputusan (SK) Kemenkumham RI 20 September 2016 yang ditujukan kepada Hari Sudarno sebagai Pjs dan Hedropriyono menegaskan susunan personalia PKPI kembali pada SK Kemenkumham 10 November 2015 dengan Ketua dan Sekretaris PKPI Kota Kupang adalah Yermias Dethan dan Nitnael. (Lid)

Komentar ANDA?