Dukcapil Kota Kupang Siapkan Layanan e-KTP Langsung Jadi

0
551

Agus Ririmase

NTTTERKINI.CPM, Kupang – Dalam mengatasi berbagai persoalan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyiapkan layanan e-KTP langsung jadi. 
“Sesuai instruksi Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore dengan membuka pelayanan e-KTP langsung jadi, telah ditindaklanjuti oleh Dinas Dukcapil,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase melalui press realese, Sabtu, 25 Januari 2020.
Menurut Agus kegiatan ini sudah mulai dilakukan sejak Rabu, 22 Januari 2020, dimana Dinas Dukcapil Kota Kupang telah melayani sebanyak 500-an warga setiap hari.
“Masyarakat diharapkan dapat mengurus KTP di Dinas Dukcapil, bagi yang belum melakukan perekaman segera melakukan perekaman di kantor kecamatan setempat. Jika alat perekaman di kecamatan setempat rusak, bisa melakukan di kecamatan tetangga,” katanya.

Lanjutnya, beberapa tahun yang lalu proses pengurusan administrasi kependudukan menjadi persoalan serius di kota ini. Namun Pemkot Kupang telah menyiapkan anggaran untuk pembelian blanko e-KTP.
Namun pihak Dukcapil masih menunggu petunjuk Direktorat Jenderal Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) terkait mekanisme pengadaan blanko melalui hibah dari Ditjen. 

Karena itu, dia menghimbau kepada warga Kota Kupang yang belum memiliki KTP akibat kelangkaaan blanko, Dukcapil Kota Kupang, maka mulai Senin, 27 Januari 2020, segera membawa slip dan Kartu Keluarga  pada saat perekaman atau pegurusan KTP.
“Datang sendiri dan tidak diperkenankan melalui pihak lain. Apabila ada anak yang bersekolah atau kuliah di luar daerah, orang tua bisa mengambil dengan menunjukan KK dan KTP orang tua. Ini semua untuk menghindari praktek percaloan di Disdukcapil,” katanya. (*/Lid)

Komentar ANDA?