Empat Ribu Rumah di Kota Kupang Tidak Layak Huni

0
297

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Berdasarkan data Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), diketahui terdapat 4 ribu rumah di daerah itu yang tidak layak huni.
“Data 2018 akhir, kurang lebih ada 4 ribu rumah kumuh, dan yang baru dibenahi hanya sebanyak seribu rumah, dan belum mencapai target,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Kupang, Beni Sain, Selasa,25 Februari 2020.
Karena itu, Pemerintah Kota Kupang pada 2020 kembali meluncurjan program bantuan 500 unit rumah layak huni bagi warga tidak mampu di 51 kelurahan.
“Kebutuhan rumah layak huni menjadi perhatian Pemkot Kupang, sehingga dialokasikan dana guna meningkatkan kualitas rumahlayak huni,” katanya.

Bantuan tersebut, menurut dia, diperuntukan  bagi warga kurang mampu yang rumahnya tidak layak huni agar direnovasi menjadi rumah layak huni.
“Bantuan ini sifatnya merenovasi rumah warga, dan ini berupa stimulan untuk mendorong warga membangun rumah yang lebih layak,” tambah Beni.
Bantuan tersebut menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp5 milliar, dengan tiap rumah warga diberikan bantuan sebesar Rp10juta.
Adapun bantuan perumahan layak huni yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) di peruntuk bagi 145 rumah warga dengan bantuansebesar Rp17,5 juta di lima kelurahan, antara lain Belo, Sikumana, Naikoten I, Bakunase I dan Bakunase II. (Lid)

Komentar ANDA?