Home / Polkam / Enam Pasangan Cagub Masukan Berkas Perbaikan

Enam Pasangan Cagub Masukan Berkas Perbaikan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Enam pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Rabu 16 Januari 2013 memasukan berkas perbaikan hasil penelitian dan rekomendasi KPU NTT atas berkas administrasi yang telah dimasukan sebelumnya dan dinyatakan belum lengkap.

Anggota KPU NTT, Gasim Nur mengatakan, berkas perbaikan yang dimasukkan pasangan bakal calon atau partai pengusung berdasarkan hasil penelitian dan rekomendasi atas berkas pencalonan yang diberikan KPU.

Semua pasangan bakal calon menyerahkan dokumen perbaikan pada hari terakhir masa perbaikan. “Hari ini kita hanya cek dokumen yang diserahkan beserta rangkapannya. Setelah itu, akan dilakukan penelitian keabsahan berkas tersebut,” katanya.

Ketua KPU NTT, Johanis Depa menjelaskan, batas penyerahan berkas perbaikan hingga pukul 16.00 Wita. Hampir seluruh pasangan calon telah menyerahkan berkas perbaikan tersebut, kecuali Ibrahim Medah-Melki Laka Lena (Tunas) yang masih berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) RSUD Johannes Kupang yang melakukan tes kesehatan semua pasangan bakal calon. Ini berkaitan dengan penulisan gelar pada keterangan kesehatan.

Baca Juga :  Kota Kupang Kurangi Anggaran Perjalanan Dinas

Dia mengatakan, jika hingga batas waktu yang ditetapkan masih ada bakal calon yang belum menyerahkan dokumen perbaikan, maka akan diputuskan sesuai fakta yang terjadi. “Harus diingat bahwa semua syarat pencalonan punya posisi hukum yang sama. Jika satu syarat tidak dilengkapi, bisa berdampak pada keabsahan pencalonan pasangan bakal calon bersangkutan,” katanya.

Namun dia berharap semua pasangan bakal calon melengkapi syarat sesuai rekomendasi yang diberikan KPU. Apalagi, proses pencalonan pemilu gubernur 2013 dilakukan secara terbuka.

Sewmentara itu, Ketua Tim Pemenangan Paket Tunas, Mech Saba berjanji akan segera melengkapi kekurangan dokumen sebelum batas akhir penyerahan dokumen perbaikan. “Hanya satu dokumen yang masih kurang tersebut yakni soal gelar kesarjanaan. Dimana keterangan hasil kesehatan dari tim IDI RSUD Johannes Kupang tidak dilengkapi dengan gelar kesarjanaan bakal calon gubernur yang diusung Partai Golkar,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]