Home / Polkam / Esthon- Paul Gugat KPU NTT ke MK

Esthon- Paul Gugat KPU NTT ke MK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
:Paul Tallo saat hadiri pleno pulgub NTT di KPU NTT

:Paul Tallo saat hadiri pleno pulgub NTT di KPU NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Esthon Foenay- Paul Tallo akan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, pihaknya menemukan banyak kecurangan dalam pemilu kepala daerah Gubenur NTT putaran kedua.

“Kami menyatakan menolak pleno KPU NTT, dan akan membawa kasus ini ke MK,” kata Kuasa Hukum pasangan calon Esthon- Paul, Ali Antonius usai pleno rekapitulasi di KPU NTT, Sabtu, 1 Juni 2013.

Gugatan ini, menurut dia, karena banyak ditemukan kecurangan selama proses dan pencoblosan pemilu kepala daerah Gubernur putaran kedua, 23 Maret 2013 lalu.

Baca Juga :  103 Investor Asing Tanamkan Modal di NTT

Kasus-kasus itu, antara lain, dugaan money politik di kabupaten TTS dan Flores Timur serta dugaan penggelembungan suara di Kabupaten Sikka dan Sumba Barat Daya. “Banyak kecurangan yang terjadi, sehingga kami harus membawa persoalan ini ke MK,” katanya.

Sementara itu, saksi pasangan calon Esthon- Paul, Gabriel Beri Bina menolak menandatangi berita acara pleno rekapitulasi perolehan suara dan penetapan calon terpilih. “Kami menyatakan menolak hasil rekapitulasi ini,” katanya.

Dia mengajak semua pihak untuk melihat dengan jernih proses pilgub NTT yang dinilai sarat rekayasa. Karena itu, dia kembali mengajak KPU untuk tidak menetapkan calon terpilih. “Mari sama-sama kita melihat dengan jernih rekayasa terang-terangan ini. Anak kecil juga tahu,” katanya.

Baca Juga :  Jokowi-JK 65,92 Persen, Prabowo-Hatta 34,08 Persen

Ketua KPU NTT, Jhon Depa dengan tegas menyatakan menolak permintaan saksi dan menetapkan calon terpilih. “Silahkan saja, tapi kami tetap menetapkan calon gubernur terpilih,” tegasnya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]