Home / Ekbis / Fee Blok Masela, Frans: Rakyat NTT Harus Dukung

Fee Blok Masela, Frans: Rakyat NTT Harus Dukung

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Frans Lebu Raya

NTTTERKINI.COM, Kupang – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya meminta rakyat NTT untuk mendukung Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat untuk mendapatkan fee atau participating interest (PI) sebesar 5 persen.

“Saya mengajak masyarakat NTT untuk mendukung perjuangan Gubernur NTT untuk mendapatkan bagian sebesar 5 perssn PI di blok Masela,” kata Frans, Rabu, 20 November 2019.

Dia juga meminta pemerintah Provinsi Maluku supaya menerimanya. Pasalnya blok Masela ini berada di luar wilayah teritori Provinsi Maluku dan juga berada di luar wilayah teritori NTT. “Karena blok ini berada di luar wilayah pemerintahan provinsi maka tidak serta merta otomatis mendapatkan hak PI 10 persen,” ujarnya.

Baca Juga :  Bulog NTT Bantu Biaya Pendidikan Rp 286 juta

Frans mengatakan, karena berada di luar wilayah teritori dua provinsi itu, maka masalah fee menjadi kewenangan pemerintah pusat. Dengan mempertimbangkan dua daerah ini masih tertinggal, maka NTT pernah meminta pemerintah pusat untuk membagi dua PI, yakni untuk Maluku dan NTT masing-masing 5 peraen. Sehingga dua daerah ini bisa punya sumberdaya untuk percepatan pembangunannya

“Pemerintah Maluku dan NTT harus sepakat bahwa blok Masela ini merupakan anugerah bagi dua daerah ini,” katanya.

PI 5 persen itu, menurut Frans diperuntukan  juga bagi warga Maluku yang ada di NTT dan sebakiknya warga NTT yang berada di Maluku. “Begitulah. Ketong (Kita) semua basodara (Bersaudara),” tutup Frans.

Pembagian PI 5 persen untuk NTT yang diungkapkan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menimbulkan polemik. Dimana, Maluku enggan membagi fee PI itu dengan NTT. Mereka tetap menuntut PI sebesar 10 persen untuk Maluku. (*/Ado)

Share Button
Baca Juga :  Tax Amnesty NTT Capai Rp2,5 Triliun

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]