Home / Sosbud / Ferry Kase: Layanan Sampah Belum Jadi Prioritas Pemkot Kupang

Ferry Kase: Layanan Sampah Belum Jadi Prioritas Pemkot Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Komisi II DPR RI dan Wali Kota Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Anggota DPR-RI komisi VII, Ferry Kase mengatakan infrastruktur dan optimalisasi peningkatan pelayanan sampah belum menjadi prioritas pemerintah daerah (Pemda).

“Infrastruktur dan optimalisasi pelayanan kerap terkendala, karena anggaran yang terbatas. Selain itu peningkatan pelayanan sampah juga masih belum dijadikan prioritas oleh pemerintah,” kata Anggota DPR-RI Komisi VII, Ferry Kase saat memberi bantuan 10 unit motor sampah bersama Kementraian Lingkungan Hidup, Rabu, 26 September 2018.

Menurut dia, permasalahan sampah yang tidak terkelola dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya sistem pengumpulan sampah yang tidak memadai dan tidak optimal, karena tidak mampu menjangkau semua sampah, serta perilaku dan kebiasaan warga yang sering membuang sampah sembarangan, sehingga berakibat mengotori ekosistem.

Baca Juga :  Penerima Jamkesmas Berkurang 138 Ribu

“Selain kurangnya kesadaran warga yang sering membuang sampah sembarangan. Salah satu penghambat juga, karena ketersediaan infrastruktur sarana prasarana
yang tidak tersedia,” tambah Ferry.

Wali kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Jefri Riwu Kore, mengatakan ketersediaan tempat sampah dan program kelola sampah menjadi proritas pemerintah dan direncanakan akan menyiapkan seribu
tempat sampah di 51 kelurahan dan tempat-tempat umum.

“Untuk pengadaan tempat sampah, kami ajukan ke Kementrian untuk membantu pengadaan seribu bak sampah yang akan ditempatkan di tiap kelurahan dan tempat umum,” kata Jefri.

Edukasi kesadaran dan ketrampilan warga untuk pengolaan sampah dengan penerapan sistem mengurangi, menggunakan kembali, dan mengolah atau daur ulang (3R) sangat penting sebagai solusi masalah sampah melalui pengolaan sampah dari sumbernya. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  Baru Enam Lembaga Musisi Daftar ke LMK

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]