Home / Polkam / Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Alm Frans Seda

Alm Frans Seda

NTTTERKINI.COM, Kupang – Mantan menteri keuangan di masa orde baru, Almarhum Frans Seda diusulkan pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi pahlawan nasional di bidang moneter atas jasa-jasa di bidang ekonomi di negara ini.

“Kami sudah usulkan pemerintah pusat agar Alm Frans Seda bisa ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional,” kata Kepala Dinas Sosial Porvinsi NTT, Piter Manuk, Selasa, 12 November 2013.

Selama karirnya Frans Seda pernah menjabat sebagai Menteri Perkebunan dalam Kabinet Kerja IV tahun 1963-1964 dan Menteri Keuangan 1966-1968 sewaktu awal Orde Baru, serta Menteri Perhubungan 1968-1973 dalam Kabinet Pembangunan I.

Menurut dia, pengusulan itu telah diproses di Kementerian Sosial RI, hanya menunggu persetujuan Presiden. “Kami berharap tahun depan, Alm Frans Seda sudah bisa diangkat menjadi pahlawan nasional,” katanya.

Baca Juga :  KPU TTU Siap Gelar Pilkada Calon Tunggal

Ditempat asalnya, nama Frans Seda sudah diabadikan sebagai nama bandara di Maumere yang sebelumnya bernama Bandara Waioti, kini diganti nengan nama Bandara Frans Seda. Di Kota Kupang, nama Alm Frans Seda juga telah diabadikan sebagai nama jalan. “Ini merupakan bentuk penghargaan terhadap jasa Frans Seda semasa hidupnya,” katanya.

Dari 156 Pahlawan Nasional diseluruh Indonesia, NTT telah miliki tiga pahlawan Nasonal yakni W.Z. Johannes pahlawan Nasional bidang Kesehatan, Herman Johannes menjadi pahlawan nasional bidang Nuklir dan Isack H. Dokoh, pahlawan nasional bidang pendidikan. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]