Gaji 15 Anggota DPRD NTT Terancam Dihentikan

Djidon de Haan

Djidon de Haan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 15 anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) terancam tak gajian, karena pindah ke partai lain untuk kepentingan menjadi calon anggota legislatif (Caleg), setelah partai mereka tidak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Agustus 2013, maka anggota dewan yang pindah partai tidak berhak menerima gaji,” kata Juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan kepada wartawan di Kupang, Senin, 13 Mei 2013.

15 anggota DPRD NTT itu yakni Hendrik Rawambaku, Abraham Litinau, Somie Pandie, Trisna Dano dan dan Johny Army Konay asal PDS, Daud Saleh Ludji, Angela Mericy Piwung, Syukur Yosef (PKPB), Markus Nubatonis (PKP), Antonius Ugak (PPI), Thobias Wanus (PPDI), Stanis Tefa (Pelopor), Agus Ng Dapadeda (RepublikaN), Oswaldus (PPRN) dan Wellem Nope dari Partai Demokrat yang pindah ke PDIP.

Djidon mengatakan, ketika anggota DPRD menandatangani formulir BB-5 dari KPU yang menyatakan kesediaannya mundur dari anggota dewan, karena dicalonkan partai lain, maka keterwakilannya di DPRD NTT tidak lagi atas nama parpol yang mengusungnya. “KPU tidak mengenal ada kesepakatan internal,” katanya.

KPU, menurut dia, hanya mengenal yang bersangkutan jadi anggota dewan dari partai A, misalnya. Karena KPU tidak mengenal koalisi partai politik. “Kami telah berkoordinasi dengan pimpinan DPRD untuk perlancar proses pengunduran belasan anggota DPRD itu,” katanya.

Anggota DPRD NTT asal Partai Damai Sejahtera (PDS), Somie Pandie mengatakan, tidak persoalkan tidak gajian, karena telah pindah ke partai lain untuk kepentingan caleg. “Saya tidak persoalkan gaji saya. Jika harus dihentikan, tapi dasarnya apa,” katanya.

Kepala Biro Keuangan Setda NTT, Obaldus Toda mengatakan, pihaknya tetap membayar gaji dan tunjangan anggota DPRD yang pindah partai selama belum ada proses pemberhentian antar waktu (PAW) dari partai pengusung anggota DPRD itu.
“Prinsipnya anggota dewan itu harus di-PAW dulu,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>