Home / Sosbud / Gaji Tak Terpenuhi, Puluhan Buruh Lapor ke Nakertrans

Gaji Tak Terpenuhi, Puluhan Buruh Lapor ke Nakertrans

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gosa YohannesNTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 80 buruh atau tenaga kerja di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan perusahaannya ke Dinas Nakertrans setempat, karena tidak memenuhi hak mereka.

“Sudah 80 kasus yang dilaporkan dengan permasalahan pemenuhan hak pekerja,” kata Kepala Disnakertrans Kota Kupang, Ghosa Yohannes saat melakukan sosialisasi aturan tenagakerja, Rabu, 06 September 2017.

Berdasarkan data Dinas Nakertrans pada 2016 terdapat sebanyak 110 kasus yang didominasi dengan hak atau gaji yang tidak memenuhi ketentuan selain masalah indisipliner kerja. Sedangkan sejak Januari hingga Agustus 2017, sudah sebanyak 80 kasus.

“Kasus yang paling banyak kami tangani berkaitan hak-hak pekerja atau gaji buruh yang tidak sesuai dengan perjanjian sebelumnya dengan pihak pemberi kerja,” katanya.

Baca Juga :  Empat Hari Menghilang, Saleh Ditemukan Terdampar di Perairan Kolisia

Menurut dia, pihaknya mengupayakan untuk dilakukan mediasi bagi pekerja atau buruh dalam menyelesaikan sengketa tersebut.

“Semua kasus yang dilaporkan terkait pemenuhan hak dan telah kami lakukan upaya mediasi guna penyelasaian secara kekeluargaan, namun jika tidak menemukan sepakat maka dapat di teruskan ke Pengadilan Hubungan Industrial,” tambah Yohannes.

Tahapan mediasi dilakukan dengan pemanggilan terhadap kedua pihak yang berselisih sesuai dengan aturan yang di terapkan dalam undang-undang (UU) No 2 tahun 2014 tentang penyelesaian hubungan industrial. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]