Home / Hukrim / Gangguan Kamtibmas di NTT Rendah

Gangguan Kamtibmas di NTT Rendah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana

Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Nusa Tenggara Timur (NTT) terbilang rendah, jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

“Angka gangguan kamtibmas di NTT tidak tinggi, jika dibandingkan daerah lainnya,” kata Kapolda NTT, Brigadir Jenderal I Ketut Untung Yoga Ana kepada wartawan di Kupang, Senin, 20 Mei 2013.

Dalam sehari, menurut dia, kepolisian dari tingkat Polisi sektor (Polsek) hingga Polres di NTT hanya menerima laporan antara 6-20 laporan. “Hari ini saja, hanya delapan laporan yang masuk,” katanya.

Padahal di Pulau Jawa, misalnya, satu polsek bisa menerima laporan sehari melebihi 20 kasus. Karena itu, dia mengajak masyarakat agar proaktif mencegah kejahatan konvensional yang bakal terjadi. “Kejahatan konvensional masih dapat dicegah, sehingga perlu kerjasama dengan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Polisi Minta Forensik Bali Ungkap Kebakaran Pasar Inpres

Karena itu, dia meminta jajarannya untuk proaktif meminimalisir kamtibmas di daerah ini. Kecuali, kejahatan umum, seperti pembunuhan, atau Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang tidak bisa dicegah, karena tidak diketahui kapan kejahatan itu terjadi.

Dia berjanji akan mengajak semua pihak yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing untuk bekerjasama menjaga keamanan di daerah ini. “Kami akan mengajak pihak-pihak yang berkompeten menjaga kamtibmas,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]