Home / Foto / Garam Nataga Tembus Pasar Nasional

Garam Nataga Tembus Pasar Nasional

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Garam Nataga diangkut dari Sabu

Garam Nataga diangkut dari Sabu

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 14 Desember 2015 petang lalu mengirimkan sebanyak 2000 ton garam Nataga ke Pontianak, Kalimantan Barat untuk memenuhi kebutuhan garam nasional.

Garam Nataga itu diangkut menggunakan kapal Optimus, milik PT Multi Guna surya Pratama, Surabaya. Sebelum diangkut ke kapal, Bupati Sabu Raijua melepaskan pengiriman perdana garam Nataga itu dengan cara memecahkan kendi di depan truk pengangkut garam. Pelapasan perdana garam Nataga ini di Pelabuhan Biu, Kecamatan Sabu Timur.

Kepala Dinas Perindag, Koperasi dan UKM Sabu Raijua, Lewi Tandirura mengajak pembeli dan pemilik pabrik garam untuk datang ke Sabu Raijua membeli garam Nataga. Pada pengakutan perdana ini, katanya, diangkut sebanyak 2000 ton ke Pontianak.

Baca Juga :  Lamafa, Penikam Ikan Paus Di Lamalera

“Kami berharap tidak hanya hari ini, tapi berkelanjutan. Tidak hanya garam curah, tapi juga garam olahan dari pabrik garam di Sabu Raijua,” katanya.

Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome mengatakan garam sudah menjadi masalah nasional, karena garam Indonesia masih diimpor dari India dan Cina. Padahal, menurut dia, Indonesia punya potensi untuk kembangkan garam, termasuk Sabu Raijua.

Karena itu, pemerintah Sabu Raijua menjadikan garam sebagai salah satu jenis usaha dikembangkan untuk meningkatkan pendapat asli daerah (PAD) hingga mencapai Rp400-500 miliar per tahun. “Saat ini dalam setahun bisa mencapai Rp30-40 miliar,” katanya.

Lahan garam yang diolah, katanya, baru sebanyak 121 hektare (ha) dari target 2000 ha, sehingga Sabu Raijua bisa memenuhi kebutuhan garam nasional. “Kami harapkan investor lokal dan asing bisa melirik garam Nataga,” katanya. (Ado)

Share Button
Baca Juga :  Lebaran, Jasa Raharja Siapkan Pos Kesehatan Gratis

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]