Home / Sosbud / Gelombang Tinggi, Nelayan Kupang Enggan Melaut

Gelombang Tinggi, Nelayan Kupang Enggan Melaut

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI,com, Kupang – Ratusan nelayan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) enggan melaut, karena cuaca buruk yang memicu terjadi gelombang tinggi di perairan NTT. Nelayan memilih menambatkan perahu-perahu mereka di tepi pantai, dan pelabuhan perikanan Kolam Labu di Kelurahan Fatubesi.

Mereka mengaku tidak bisa melaut, karena angin kencang disertai gelombang tinggi di perairan ini.  “Bagaimana bisa kami melaut, cuaca sangat buruk, makanya kami menganggur,” kata Aco, seorang nelayan di Kupang, Jumat, 11 Januari 2013.

Sebagian nelayan hanya bisa membersihkan alat penangkap ikan, dan memperbaiki perahu mereka yang ditambatkan di tepi pantai. Mereka berharap cuaca membaik agar bisa beraktifitas kembali, sehingga kerugian yang dialami tidak semakin besar. “Kami rugi jutaan rupiah, jika tidak melalut,” katanya.

Baca Juga :  HP Milik Ira Raib Dijambret Orang Tak Dikenal

Sementara itu, Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Syaiful Hadi menghimbau kepada nelayan dan pelayaran untuk tidak melaut, karena kecepatan angin di perairan NTT mencapai 40 kilometer (km) per jam. Selain itu, tinggi gelombang bisa mencapai lima meter. “Anginnya cukup kencang yang memicu gelombang tinggi, sehingga kami sarankan untuk tidak berlayar,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]