Home / Sosbud / Gempa Bumi 4,6 SR Guncang Malaka

Gempa Bumi 4,6 SR Guncang Malaka

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gempabumi tektonik berkekuatan 4,6 SR, Selasa, 19 September 2017 mengguncang Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun BMKG Kupang, Hasanudin mrngatakan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 06:21:45 WITA dengan kekuatan  M=4.6 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 9.76 LS dan 124.78 BT, pada kedalaman 13 km.
Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah di rasakan di daerah Malaka dan Kefa, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI). “Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang,” katanya.
Terkait dengan peristiwa gempabumi Malaka yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 10.30 WITA, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. “Khusus masyarakat di daerah pesisir Malaka di himbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” katanya.
Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. (Ado)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  Hati- hati Cuaca Ekstrem di NTT

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]