Home / Sosbud / Gempa Guncang Sumba Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Sumba Tak Berpotensi Tsunami

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gempa dengan magnitudo 5,3 sekitar pukul 19.06.26 WIB, Senin, 6 Agustus 2018 mengguncang Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,3 (update).

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 11,5 LS dan 118,16 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 246 km arah barat daya Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat pada kedalaman 10 km.

 
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sumba Normal. 
 
Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar normal. 
 
Menurut informasi masyarakat, dampak gempabumi dirasakan di daerah Sumba Barat Daya, Kuta, dan Denpasar dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).
 
Hingga pukul 20.01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Karena itu dihimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*/Ado)

Share Button
Baca Juga :  160 Napi Terima Remisi Lebaran di NTT

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]