Home / Sosbud / Gempabumi 4,6 SR Guncang Sumba Barat

Gempabumi 4,6 SR Guncang Sumba Barat

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gempabumi 4,6 Skala Richter (SR), Senin, 11 Desember 2017, pukul 16.58.22 WIB wilayah Pulau Sumba diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan M=4,6. Pusat gempabumi terletak pada koordinat 9,82 lintang selatan dan 119,52 bujur timur, tepatnya di lepas pantai, pada jarak 23 km arah Tenggara Sumba Barat-NTT pada kedalaman hiposenter 65 kilometer.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan mengatakan guncangan gempabumi ini dirasakan lemah di Waikabubak dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang.

Gempabumi yang terjadi ini merupakan jenis gempabumi interplate dengan hiposenter menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga :  103 Guru Swasta Lolos K2, Dewan Konsultasi BKN

Terkait dengan peristiwa gempabumi di Pulau Sumba yang baru saja terjadi, masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai di Sumba dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]