Home / Kesehatan / Global Fund Bantu Rp1,7 Miliar Atasi HIV- AIDS di Kota Kupang

Global Fund Bantu Rp1,7 Miliar Atasi HIV- AIDS di Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Global Fun saat berikan bantuan kepada Pemkot Kupang

Global Fun saat berikan bantuan kepada Pemkot Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Global Fund memberikan bantuan sebesar dana Rp1,7 milliar untuk Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam mendukung program pengendalian penyakit berpotensi menular seperti HIV-AIDS, Tuberkolosis (TB) dan Malaria.

“Dana bantuan ini untuk pemberantasan AIDS, TB dan Malaria dalam penemuan kasus dan pengobatan,” kata Koordinator Global Fund perwakilan NTT, Waludin, Kamis, 14 September 2017.

Menurut dia, bantuan itu diberikan karena penderita TB miliki peluang besar menderita HIV, begitupun sebaliknya, sekaligus akses warga untuk pengobatan yang dinilai masih sangat rendah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Ari Wijana mengatakan tren kasus penyakit berpotensi menular di Kota Kupang menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga bantuan dana tersebut akan digunakan sebagai upaya melalui program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), penemuan kasus dan pengobatan.

Baca Juga :  Plan International Indonesia Gelar Learning Event STBM

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dana tersebut yang akan digunakan untuk membantu program kesehatan bagi penderita penyakit menular,” kata Ari.

Berdasarkan data, Penderita HIV-AIDS pada 2016 sebanyak 1.084 orang, sedangkan di 2017 mengalami peningkatan menjadi 1.123 penderita, sedangkan penderita TB pada 2017 sebanyak 700 penderita dari tahun sebelumnya 342 orang. Sedangkan penderita malaria 2,36 per 1000 penduduk atau sebanyak 792 penderita. “Serapan dana tersebut akan di bagi untuk mengatasi tiga penyakit menular itu,” katanya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]