Home / Pendidikan / Google Bekali Jurnalis Indentifikasi Situs Berita Palsu

Google Bekali Jurnalis Indentifikasi Situs Berita Palsu

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Training google bersama Jurnalis

NTTTERKINI.COM, Kupang – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama  Google News Initiative berinisiasi
membekali para jurnalis online, cetak dan elektronik  mengenali serta menangkal berita bohong atau hoaks pada situs berita palsu di media sosial.

“Ini merupakan inisiasi bersama google dan saling berkolaborasi dengan jurnalis dengan tujuan memberi pengetahuan bagaimana, mengenali dan menangkal situs berita palsu di media sosial,” kata Trainer Aji-Google, Luh De Suriyani, Sabtu, 19 Mei 2018.

Menurut dia, berkembangnya teknologi, mempermudah semua orang mengakses informasi melalui media sosial, namun kadang tidak mampu membedakan mana yang menjadi berita jurnalistik berdasar fakta kejadian, atau penyampaian informasi salah yang sengaja di sebarkan orang tertentu dengan tujuan membingungkan orang lain.

Baca Juga :  Jonas: Mahasiswa Harus Awasi Pembangunan di Kota

“Sekarang banyak sekali media atau situs berita di media sosial yang hanya bertujuan menyebarkan berita palsu yang berpotensi membodohi bahkan menakut-nakuti,” tambah Suriyani.

Pelatihan identifikasi situs palsu tersebut sebagai  upaya google untuk memberdayakan, memperkenalkan sekaligus menggunakan inovasi teknologi google pada titik temu media dan teknologi guna mendorong jurnalisme berkualitas. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]