Home / Pendidikan / Gubernur NTT Soft Launching Puspa Iptek NTT

Gubernur NTT Soft Launching Puspa Iptek NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Soft Launching Puspa Iptek

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) melaunching Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa IPTEK), Kamis, 12 November 2019.

Dalam sambutannya, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat menyambut baik pendirian Puspa IPTEK Provinsi NTT, karena turut mengambil bagian dalam pencerdasan anak-anak NTT di bidang IPTEK secara khusus ke depannya, dan pembangunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTT pada umumnya.

“Penguasaan IPTEK merupakan salah satu key factor pembangunan di berbagai aspek, yang berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup suatu bangsa, dan dapat menjadi penggerak daya saing bangsa.  Oleh karena itu, pendirian Puspa IPTEK menunjukkan suatu langkah maju, proses kerja yang progressif dalam pengejahwatahan pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia umumnya, dan NTT khususnya dalam rangka mewujudkan Indonesia Hebat,” tegasnya.

“Dengan kehadiran Puspa IPTEK ini, kata Gubernur, pembangunan SDM NTT harus semakin maju, unggul dan terdepan dalam berbagai dimensi, mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, sehingga dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan NKRI.

Dia mengingatkan agar perbaikan fundamental SDM NTT ke depannya, perlu didukung dengan berbagai kebijakan, sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan antara pusat  dengan daerah, serta partisipasi masyarakat dan semua pelaku pembangunan. Dengan demikian, pembangunan SDM NTT diharapkan dapat mencapai, bahkan melampui target pembangunan yang telah ditetapkan.

Keterpaduan pembangunan dari berbagai stakeholder dan sektor dalam mendorong dan meningkatkan pembangunan SDM NTT, harus menjadi perhatian bersama. Pada aspek ini, segala energi harus dikerahkan semaksimal mungkin, dengan ethos kerja yang tinggi dan spirit pengabdian yang tulus. “Karena, membangun SDM NTT adalah menginvestasi manusia-manusia NTT yang unggul, membangun SDM NTT adalah membangun harga diri daerah ini”, tandasnya.

Baca Juga :  Ratusan Mahasiswa Demo Ijasah Palsu Rektor PGRI

Terhadap kedua karya tersebut, Gubernur NTT mengapresiasi kinerja ASN lingkup pemerintah provinsi NTT yang kreatif dan inovatif. Beliau menekankan bahwa Pembangunan IPTEK seyogyanya dijadikan prioritas dalam setiap gerak pembangunan, pemanfaatan dan pengembangannya harus terus dihasilkan dari hari ke hari.

“Saya mengharapkan lebih banyak lagi karya-karya inovasi yang dihasilkan oleh ASN Pemerintah Provinsi NTT ke depannya sebagai pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, untuk mendukung sistem kerja yang tepat dan cepat, mendongrak daya saing serta Indeks Inovasi Daerah Provinsi NTT, tegasnya.

Di akhir sambutannya, Gubernur mengingatkan, dalam pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, pentingnya diperhatikan nilai-nilai moral dan etika yang ada, yang didasarkan pada nilai luhur budaya bangsa.

Kabid Penelitian dan Pengembangan                  Bappelitbangda Provinsi NTT, Hendry Donald Izaac mengatakan Puspa Iptek atau Science Center adalah tempat berbagai aktivitas dan pameran yang bertujuan untuk mempopulerkan pembelajaran sains melalui objek-objek atau peragaan serta pertunjukan yang interaktif.

“Puspa IPTEK juga merupakan wahana yang unik bagi keluarga dan anak-anak sekolah, guru, dan masyarakat,” kata Hendry.

Untuk itu, lanjut dia, Puspa IPTEK disediakan bagi orang-orang dari segala usia, budaya, dan tingkat pendidikan dapat belajar dengan kemampuan mereka sendiri, melibatkan rasa keingintahuan, dan menggunakan semua indera untuk memahaminya.

Ruang lingkup Puspa IPTEK meliputi arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi dan video; fotografi, kriya, kuliner, musik, aplikasi dan game developer, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, serta televisi dan radio yang kesemuanya bertujuan membangun karakter dan mental set, antar lain, cinta IPTEK dan tumbunya kesadaran IPTEK yang tinggi.

Baca Juga :  Viktor Izinkan #2019gantipresiden Masuk NTT, Ini Syaratnya

Pada hakekatnya, lanjut dia, upaya mencerdaskan, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi anak-anak bangsa merupakan tanggung jawab pemerintah.

Dengan difasilitasi oleh Direktur Pusat Peragaan IPTEK dan TMII, Kementrian Riset, Teknologi dan Badan Riset Nasional yang bekerjasama dengan Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bappelitbangda Provinsi NTT, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Provinsi NTT berhasil didirikan.

Selain diamanatkan dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pendirian pusat peragaan IPTEK didorong oleh kesadaran yang visioner untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan minat para pelajar untuk tertarik, belajar dan mengembangkan IPTEK dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Daerah.

Pendirian Puspa IPTEK ini diharapkan pula dapat menjadi wahana wisata edukatif bagi masyarakat sehingga dapat berkontribusi bagi pendapatan asli daerah.  Sebagai wahana wisata edukatif, Puspa IPTEK menampilkan pameran interaktif dengan menyediakan lingkungan yang menyenangkan, menarik, tidak formal, nyaman, dan mudah dipahami.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Pusat Peragaan IPTEK dan TMII yang mewakili Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Nasional, unsur Forkompida Provinsi NTT, Wali Kota Kupang, para rektor perguruan tinggi se-kota kupang, unsur pimpinan DPRD Provinsi NTT, Pimpinan OPD Provinsi dan Instansi Vertikal, Pimpinan Lembaga Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Asosiasi dan Lembaga Non Pemerintah. Hadir juga dalam acara ini para peserta didik atau pelajar dari PAUD, TK, SD sampai dengan SMA/SMK se-kota Kupang. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]