Home / Sosbud / Gubernur: Pengungsi Rokatenda Sudah Ditangani

Gubernur: Pengungsi Rokatenda Sudah Ditangani

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Frans Lebu Raya

NTTTERKINI.COM, Maumere – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan pengungsi Gunung Rokatenda sementara ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Bantuan emergency sudah ditangani oleh BNPB dan BPDB bagi pengungsi Rokatenda,” kata Frans Lebu Raya, Rabu, 6 Februari 2013.

Saat ini, menurut dia, pengungsi Rokatenda dari Pulau palue ditampung di dua lokasi berbeda, yakni Ropa, Ende dan Maumere, Sikka. Namun, masih ada warga yang enggan meninggalkan pulau tersebut, karena takut kehilangan harta benda. “Masih ada warga yang enggan diungsikan ke tempat yang aman,” katanya.

Menyangkut kemungkinan relokasi warga Pulau Palue, Frans mengatakan akan melihat perkembangan gunung Rokatenda itu. Namun, pihaknya tetap kesulitan, karena ada warga yang enggan keluar dari pulau itu. “Kami lihat perkembangan dulu,” katannya.

Baca Juga :  Kelaparan, Lima Desa di TTS Kebanjiran Bantuan

Edi, warga Desa Lidi, Pulau Palue mengatakan, masih terdapat 200 jiwa di desanya yang enggan mengungsi, karena takut kehilangan harta bendanya. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan himbauan untuk mengevakuasi seluruh warga di Pulau itu. “Masih ada sekitar 200 warga yang enggan mengungsi,” katanya.

Padahal, Desa Lidi merupakan desa terdekar dengan Gunung Rokatenda yang terkena dampak terparah. Warga diperintahkan mengungsi, karena hembusan abu vulkanik yang disertai batu-batu besar dari puncak gunung menghancur atap rumah mereka.

Gunung Rokatenda, Sabtu 2 Februari 2013 lalu sekitar pukul 23.45 Wita meletus sebanyak dua kali dan menyemburkan abu vulkanik ke pemukiman warga, mengakibatkan ribuan warga mengungsi. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]