Home / Hukrim / Gunakan HP saat Berkendara Bisa di Penjara

Gunakan HP saat Berkendara Bisa di Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Berkendara sambil SMS

NTTTERKINI.COM, Kupang – Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Kupang Kota melarang semua pengendara roda dua maupun empat untuk menggunakan handphone (HP) saat berkendara di jalan raya. Jika melawan akan di penjara tiga bulan atau denda Rp 750 ribu.

“Pengendara kendaraan roda dua maupun empat atau lebih dilarang keras menggunakan HP saat melaju di jalan raya,” Kasat Lantas Polres Kupang Kota, AKP Edward Kaledi, Kamis, 31 Januari 2013.

Menurut dia, kecelakaan lalulintas di jalan raya dipicu penggunaan HP saat mengemudi kendaraa, karena pengemudi berkonsentrasi pada HP, sehingga tidak memperhatikan kendaraan yang berada di depan maupun belakang. “Apalagi, kalau jalan sambil SMS, sangat berbahaya untuk keselamatan,” katanya.

Baca Juga :  Sekwan NTT Kepergok Bersama Istri Orang

Harusnya, pengemudi tidak menggunakan HP saat berkendara, karena akan berakibat pada kecelakaan lalulintas yang bisa saja merengut nyawa. “Terkadang karena HP pengemudi mengalami kecelakaan yang berujung pada kematian,” katanya.

Dia mengatakan, pengendara yang menggunakan HP saat berkendara akan dikenakan pelanggaran sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dimana, pada pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009 tersebut disebutkan setiap orang yang mengemudi menggunakan HP diatas kendaraan akan dikenakan Pidana kurungan paling lama 3 bulan penjara atau denda paling banyak Rp 750 ribu.

Karena itu, dia berharap setiap pengendara menyadari akan bahaya menggunakan HP saat berkendara diatas jalan raya. “Kami minta masyarakat mematuhi aturan ini, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan di jalan raya,” katanya. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]